Budayakan Gemar Membaca dan Menulis di Kabupaten TANJAB Barat, PetroChina Gelar Peluncuran Buku Hasil Kegiatan Literasi Expo

 


BumiSiginjai.com, Jambi - Mendukung program pemerintah dalam rangka peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), PetroChina International Jabung Ltd. dengan memprioritaskan Program Pengembangan Masyarakat (PPM) dalam bidang pendidikan, menggelar kegiatan pembudayaan gemar membaca dan menulis.


Bekerja sama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tanjung Jabung (TANJAB) Barat untuk merealisasikan pembudayaan gemar membaca dan menulis, PetroChina menggelar kegiatan peluncuran buku bertempat di Aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten TANJAB Barat pada Kamis (20/6/2024). Peluncuran buku ini merupakan hasil dari kegiatan Literasi Expo yang digelar pada akhir tahun 2023 lalu.


Dalam kegiatan ini, PetroChina bersama Pemerintah Kabupaten TANJAB Barat meluncurkan empat Buku Antologi Cerpen, Cerita Rakyat, dan Artikel Kearifan Lokal Kabupaten TANJAB Timur.  Selain itu, juga terdapat penyerahan sarana Pojok Baca Digital (POCADI) serta penyerahan titik baca kepada sarana layanan publik.


Pada acara seremonial pembukaan, hadir langsung yakni Field Manager PetroChina International Jabung Ltd. Rudy Hermawan, Bupati TANJAB Barat Anwar Sadat, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten TANJAB Barat Erlinawati, CSR Superintendent PetroChina Jabung Adrian Wibisono, Community Development Supervisor Petrochina Jabung Ahmad Ramadlan, dan tamu undangan lainnya.


Field Manager PetroChina Jabung, Rudy Hermawan, mengatakan bahwa PetroChina sebagai perusahan yang beroperasi di wilayah Kabupaten TANJAB Barat ikut memiliki tanggung jawab atas peningkatan sumber daya manusia yang ada di Kabupaten TANJAB Barat melalui Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM).


"Sebagai perusahaan yang beroperasi di wilayah Kabupaten TANJAB Barat, kami ikut bertanggung Jawab dalam upaya peningkatan literasi di masyarakat.  Melalui program ‘Literasi Expo’ ini kami berharap bisa menumbuhkan minat baca untuk masyarakat Kabupaten TANJAB Barat," ungkapnya.


Rudy Hermawan berharap kegiatan ini bisa menumbuhkan semangat anak-anak muda dalam meningkatkan dan menumbuhkan minat baca dan menulis, sehingga generasi muda bisa membuat kemajuan untuk daerahnya.


"Kami berharap kegiatan ‘Literasi Expo’ ini dapat menumbuhkan dan mengembangkan minat membaca dan menulis anak-anak muda kita. sehingga kedepannya menghasilkan anak-anak muda yang  mempunyai wawasan dan pengetahuan untuk membangun daerah ini," ujarnya.


"Semoga fasilitas pojok baca yang dibangun di beberapa instansi, bisa meningkatkan minat membaca masyarakat luas. Ketika minat membaca masyarakat kita tinggi, maka akan membuka wawasan dan ide-ide untuk kemajuan daerah," lanjut Rudy Hermawan.


Diketahui, pada penghujung tahun 2023 lalu, PetroChina mendukung dan memfasilitasi kegiatan ‘Literasi Expo’ bekerja sama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten TANJAB Barat serta Ikatan Guru Indonesia dan SMK Negeri 1 Kabupaten TANJAB Barat dalam melakukan pemberdayaan membaca dan menulis. Salah satu hasil dari rangkaian kegiatan ‘Literasi Expo’ tersebut adalah 4 buku hasil karya 94 penulis yang telah diterbitkan.


Selain menertibkan buku, sebelumnya PetroChina juga telah memfasilitasi penerbitan buku Mutiara Hitam dari Tanah Gambut yang merupakan karya dari Sanggar Bekisah binaan PetroChina, bercerita tentang Kopi Liberika yang merupakan salah satu produk unggulan Kabupaten TANJAB Barat.  Buku tersebut telah dibagikan ke sekolah-sekolah untuk menjadi bahan bacaan bagi siswa/i terkait dengan muatan lokal.


Tidak hanya itu, PetroChina juga telah memberikan bantuan dua unit mobil perpustakaan keliling, yang tujuannya untuk mempermudah akses masyarakat dalam meningkatkan minat baca generasi muda dan bisa dimanfaatkan oleh perpustakaan.


Bupati TANJAB Barat, Anwar Sadat, mengucapkan terima kasih kepada PetroChina yang terus menginisiasi dan terus berkolaborasi bersama Pemerintah Kabupaten TANJAB Barat dalam upaya peningkatan literasi dan minat baca di masyarakat.


"Terima Kasih kami ucapkan kepada pihak PetroChina International Jabung Ltd., yang terus berkolaborasi bersama Pemerintah Kabupaten TANJAB Barat dalam kegiatan ‘Literasi Expo’ ini. Semoga kegiatan ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan masyarakat kita," ungkap Bupati Anwar Sadat. 

Posting Komentar

0 Komentar