Berkontribusi dalam Pertahanan Negara dan Peringati HUT ke-79 TNI, PetroChina Serahkan Bantuan Pembangunan KORAMIL Betara

 



BumiSiginjai.com, Jambi- Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang ke-79, PetroChina International Jabung Ltd. menunjukkan komitmennya dalam mendukung pertahanan negara dengan menyerahkan bantuan untuk pembangunan gedung Kantor Komando Rayon Militer (KORAMIL) Betara, Kabupaten Tanjung Jabung Barat. 


Bantuan ini secara simbolis diserahkan langsung oleh Field Manager PetroChina Jabung Rudy Hermawan, kepada Komandan Kodim (DANDIM) 0419/TANJAB Letkol Arm Dwi Sutaryo, S.E., bertempat di Alun-Alun Kuala Tungkal pada Sabtu (5/10/2024).


Sebelum penyerahan bantuan, Field Manager PetroChina Jabung Rudy Hermawan, Goverment and Relation Superintendent PetroChina Jabung Lasno, dan CSR & Comdev Supervisor PetroChina Jabung Ahmad Ramadlan mengikuti kegiatan upacara yang digelar oleh Kodim 0419/TANJAB.  


Upacara berlangsung khidmat dipimpin langsung oleh DANDIM 0419/TANJAB Letkol Arm Dwi Sutaryo, S.E., yang juga turut dihadiri oleh Pjs. Bupati Tanjung Jabung Barat dr. H. Mhd. Fery Kusnadi, Sp.OG., KAPOLRES Tanjung Jabung Barat AKBP Agung Basuki, S.I.K., M.M., KAPOLRES Tanjung Jabung Timur AKBP Maulia Kuswicaksono, S.I.K., M.H., perwakilan Ketua DPRD Kabupaten Tanjung Jabung Barat, perwakilan Ketua DPRD Kabupaten Tanjung Jabung Timur, seluruh anggota TNI Kodim 0419/TANJAB, Persit Kartika Chandra Kirana Kodim 0419/TANJAB, dan tamu undangan lainnya.


Bantuan Pembangunan Gedung Kantor KORAMIL Betara yang diberikan oleh PetroChina senilai Rp 647.603.000,- melalui Program Pengembangan Masyarakat (PPM) SKK Migas-PetroChina International Jabung Ltd. tahun 2024.  Ini merupakan wujud nyata kolaborasi antara PetroChina dan TNI dalam memperkuat sistem pertahanan di wilayah kerja operasional PetroChina, salah satunya yakni di wilayah Betara, Kabupaten Tanjung Jabung Barat. 


“TNI adalah teman kita yang menjaga kedaulatan negeri dan PetroChina menjaga kedaulatan energi. Dan kebetulan PetroChina juga beroperasi di Tanjung Jabung Timur dan Tanjung Jabung Barat, sehingga kita memerlukan suasana operasi yang kondusif. Itu kita wujudkan dengan ada beberapa kita berikan bantuan kepada TNI di wilayah operasional kerja kami,” ujar Field Manager PetroChina Jabung, Rudy Hermawan.


Diketahui bahwa sebelumnya PetroChina  telah memberikan bantuan kepada TNI dalam hal ini yakni melalui Kodim 0419/TANJAB, diantaranya yakni bantuan Pembangunan Gedung Kantor KORAMIL di Geragai, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, dengan nominal senilai sekitar Rp 4,6 miliar, kemudian bantuan pembangunan Asrama Prajurit TNI di Kuala Tungkal, Kabupaten Tanjung Jabung Barat dengan nominal senilai Rp 400 juta.


Field Manager PetroChina Jabung, Rudy Hermawan, berharap dengan adanya pembangunan gedung KORAMIL yang baru ini dapat memperkuat fungsi dan operasional TNI dalam menjaga keamanan serta ketertiban masyarakat, khususnya di kawasan strategis yang kaya akan sumber daya alam.


“Tujuan kami adalah untuk memudahkan akses komunikasi dengan TNI dalam rangka pengamanan, kemudian kita juga mendukung setiap program-program  yang sudah dilakukan oleh TNI beserta jajarannya,” ujarnya.


DANDIM 0419/TANJAB, Letkol Arm Dwi Sutaryo, S.E., mengungkapkan bahwa ia sangat bersyukur dengan adanya bantuan pembangunan gedung Kantor KORAMIL di Betara.  Ia berharap setelah bantuan diterima, proses pembangunan akan segera dilaksanakan. 


“Alhamdulillah di hari ulang tahun kami yang ke-79 ini ada surprise, ada kejutan dari PetroChina. Mudah-mudahan setelah dapat bantuan ini segera kita bangun. Harapannya akhir tahun sudah dapat kita fungsikan untuk menambah kekuatan atau KORAMIL baru di KODIM TANJAB ini,” ungkapnya.


Letkol Arm Dwi Sutaryo, S.E. menyebutkan bahwa saat ini untuk Kabupaten Tanjung Jabung Barat hanya ada dua KORAMIL. Dengan adanya penambahan satu KORAMIL ini, tentunya akan mempermudah dalam masalah koordinasi dengan wilayah.


“Kalau total saat ini yang resmi di Tanjung Jabung Barat dan Tanjung Jabung Timur kita ada empat, namun yang belum diresmikan ada tiga yakni di Merlung, Rantau Rasau, dengan Geragai. Jadi total kita ada tujuh, dengan empat sudah diresmikan dan tiga dalam proses. Nah nanti dengan adanya KORAMIL Betara ini, berarti kita Insya Allah ada delapan KORAMIL,” ujarnya. 


Setelah upacara dan penyerahan bantuan secara simbolis oleh PetroChina, acara dilanjutkan dengan Tasyakuran HUT ke-79 TNI, bertempat di Balai Pertemuan Kantor Bupati Tanjung Jabung Barat. Acara tasyakuran diisi dengan kegiatan doa bersama dan bakti sosial penyerahan bantuan kepada anak yatim piatu dan keluarga kurang mampu.

Posting Komentar

0 Komentar